Frequently Asked Questions

Daftar Pertanyaan Seputar Software Pengelolaan Akreditasi (SPA)

Sponsored
Apa itu SPA? +

SPA kepanjangannya adalah Software Pengelolaan Akreditasi, merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di platform SIAPKerja Kementrian Ketenagakerjaan RI.

SPA merupakan implementasi dari Permenaker No. 5 tahun 2022 tentang Akreditasi Lembaga Petihan Kerja, dengan hadirnya SPA maka proses akredtasi mulai dari pendaftaran sampai dengan terbitnya sertifikat akreditasi tercatat di database Kementrian Ketenagakerjaan.

SPA dirancang untuk mencatat, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengambilan keputusan oleh Pimpinan

Bagaimana cara mengakses SPA? +

SPA dapat diakses melalui

  1. Portal kelembagaan LPK, pilih Ajukan Sekarang
  2. Melalui portal Skillhub, pilih Dasbor Akreditasi
  3. langsung akses di https//akreditasi.console.kemnaker.go.id
Siapa saja yang dapat mengakses SPA? +

Syarat utama dapat mengakses SPA adalah mereka yang sudah memiliki account di SIAPKerja dan sudah mendapatkan authorisasi.
Mereka adalah :

  1. Admin LPK yang LPKnya sudah terverifikasi di kelembagaan.kemnaker.go.id
  2. Asesor Akreditasi
  3. Anggota KALPK
  4. Sekretaris KALPK
  5. Anggota LALPK
  6. Sekretaris LALPK

Bagaimana proses akreditasi di SPA? +

Ada 10 tahap dalam proses akreditasi, seperti nampak pada gambar berikut:
flow-akreditasi

Bagaimana cara mengoperasikan SPA? +

Silahkan ikuti pada bagian I.6 Mengoperasikan Software Pengelolaan Akreditasi (SPA) V 2.1.x dimenu sebelah kiri

Kembali Lanjut