Frequently Asked Questions

Daftar Pertanyaan Seputar Umum SIAPKerja

💡 Konten ini gratis buat teman-teman akses dan copy. Hanya dilarang menjadikannya produk sendiri atau dipublikasikan atas nama pihak lain. Terima kasih telah menghargai karya kami 😊
Sponsored
Bagaimana mengetahui Akun yang sedang aktif di browser kita? +

Portal SIAPKerja memiliki Sistem Autentikasi Single Sign On (SSO), yaitu pengguna cukup login sekali saja dan mendapatkan akses ke berbagai aplikasi atau layanan tanpa perlu login ulang setiap kali berpindah aplikasi.
Silahkan klik link berikut https://account.kemnaker.go.id, jika tampilan browser meminta username dan password (seperti gambar dibawah ini) artinya pada Portal SIAPKerja tidak ada akun yang aktif

login-siapkerja
Namun jika tampilannya seperti gambar dibawah ini, artinya ada akun atas nama Dadang sedang aktif login
login-authenticated
Namun jika masih belum tampil (hanya Rekan Naker seperti gambar ini) rekan-kerja, silahkan klik tombol akun pada bagian bawah aplikasi SIAPKerja, sistem akan merefresh dan akan menampilkan informasi akun yang sedang aktif / tidak
Akun username saya lupa, bagaimana cara mengetahuinya? +

Setiap akun di SIAPKerja memiliki 3 (tiga) data sebagai authentikasi, dan ke 3 (tiga) data tersebut menjadi satu kesatuan (terikat) pada nama pengguna. Nama pengguna adalah nama yang tertera pada KTP yang bersangkutan. dan ke 3 (tiga) data tersebut adalah

  1. NIK yang bersangkutan ketika melakukan pendaftaran Akun
  2. No. Hand Phone (HP) yang bersangkutan ketika melakukan pendaftaran Akun
  3. Alamat email yang bersangkutan ketika melakukan pendaftaran Akun
Ke 3(tiga) data tersebut tidak dapat digunakan kembali oleh pengguna yang lain. Silahkan login menggunakan salah satu dari ke 3 (tiga) data tersebut, mana yang hapal.
Password saya lupa, bagaimana cara mengetahui atau meresetnya? +

Silahkan klik link https://account.kemnaker.go.id untuk login sampai tampil menu login seperti gambar dibawah ini, kemudian klik Kendala Masuk ke Akun

login-lupa lupa-hp

kemudian akan tampil 3 (tiga) pilihan, silahkan pilih salah satu yang paling mudah:
  1. Melalui Nomor Handphone
  2. Melalui Email
  3. Melalui Verifikasi Identitas
  1. Misalkan Melalui Nomor Handphone
    lupa-hp-isi
    Silahkan isikan No. HP yang terdaftar diSIAPKerja, dan OTP akan terkirim ke Nomor tersebut.
  2. Misalkan Melalui Email
    lupa-email-isi
    Silahkan isikan Alamat Email terdaftar diSIAPKerja, dan OTP akan terkirim ke Email tersebut.
  3. Misal karena No. HP dan Email lupa, maka silahkan pilih cara yang ke 3 yaitu Melalui Verifikasi Identitas, dan jika sudah diisi dengan benar klik tombol Lanjutkan
    lupa-nik-isi
    Jika masih belum jelas silahkan ikuti panduan berikut ini Panduan Masalah Akun

Bagaimana cara membuat Akun baru di SIAPKerja? +

Silahkan ikuti / klik Panduan Pendaftaran Akun ini

Admin LPK sudah tidak bekerja lagi, bagaimana cara memindahkan admin LPK yang lama ke Admin LPK yang baru ? +

Silahkan berkirim surat kepada kami, seperti contoh berikut:

lpk-mutasi
Untuk mendownload contoh silahkan klik disini
Jika saya membutuhkan bantuan, kepada siapa menghubunginya? +
Silahkan hubungi:
  1. Dinas Tenaga Kerja Kota/Kab. Setempat LPK berdomisili
  2. Dinas Tenaga Kerja Provinsi masing-masing
  3. Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja yang berada diwilayah provinsi masing-masing
  4. Sekretariat Perijinan dan Akreditasi
Berikut adalah kontak PIC yang bertanggung jawab pada wiayah kerjanya masing-masing
datar-petugas
Kembali Ulangi