Fungsi OR() di Excel

Fungsi OR di Excel digunakan untuk menguji beberapa kondisi logika sekaligus. Hasilnya adalah TRUE jika salah satu kondisi terpenuhi, dan FALSE jika semuanya tidak terpenuhi.

Syntax

=OR(logical1, [logical2], [logical3], ...)

Contoh Penggunaan

1ī¸âƒŖ Menguji apakah nilai di sel C3 lebih besar dari 50, D3 lebih besar dari 50 atau E3 lebih besar dari 60:

=OR(C3>50, D3>50, E3>60)

Hasilnya TRUE jika salah satu lebih dari 60, dan FALSE jika ketiganya tidak.

2ī¸âƒŖ Kombinasi dengan fungsi IF untuk menampilkan teks hasil logika:

=IF(OR(C4>60, D4>60, E4>60),"Lulus","Gagal")

Jika salah satu nilai di atas 60, maka hasilnya Lulus; jika tidak, tampil Gagal.

Contoh Fungsi OR Excel
Contoh penggunaan =OR() dan kombinasi IF(OR()) dalam Excel.
Sumber: Telematika Training Center
Hasil Fungsi OR Excel
Hasil penggunaan =OR() dan kombinasi IF(OR()) dalam Excel.
Sumber: Telematika Training Center

Tips Penggunaan